Monday, January 7, 2019

KETENTUAN PEMBUATAN LAPORAN PRAKERIN


A.           Pembuatan Laporan PRAKERIN
Siswa harus membuat laporan kegiatan secara individu sebanyak 2 eksemplar (1 sekolah, dan 1 arsip pribadi) dan diserahkan kepada panitia pelaksana PRAKERIN. Batas waktu akhir pengumpulan adalah 1 (satu) minggu setelah berakhirnya Praktek Kerja Industri (PRAKERIN).
B.            Teknik Penulisan Laporan PRAKERIN
1.   Penulisan Laporan PRAKERIN menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar mengacu pada Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan.
2.  Informasi disajikan dengan bahasa yang lugas, sederhana, tepat dan langsung pada persoalan yang dibicarakan.
3.   Penulisan istilah yang berasal dari bahasa asing dan daerah, dengan huruf miring (italic), seperti kata drop out (drop out).
4. Untuk menghindari subyektivitas, penulisan Laporan PRAKERIN tidak diperbolehkan menggunakan kata saya, aku, kami atau kita kecuali dalam kata pengantar.
C.           Bentuk dan Format Penulisan
1.   Laporan PRAKERIN diketik dengan jenis huruf standard (Times New Roman) dengan ukuran/font 12 , Spasi 1,5;
2.   Kertas yang dipergunakan untuk penulisan Laporan PRAKERIN adalah Kuarto (A4S) ukuran 21,5 x 29,7 cm berat 70 gsm;
3.      Batas margin kanan dan atas 4 cm, kiri dan bawah 3 cm;
4.   Setiap satu lembar kertas kuarto hanya digunakan untuk satu halaman saja (tidak bolak balik);
5.      Alinea baru dimulai pada ketukan ketujuh dari margin kiri;
6.     Judul Laporan PRAKERIN ditulis dengan huruf kapital (besar) diletakkan di tengah, ukuran huruf dengan memperhatikan estetika penulisan.
7.    Judul bab ditulis dengan huruf kapital (besar) di tengah, sub judul bab ditulis dari tepi kiri, awal kata menggunakan huruf kapital, demikian juga anak sub judul atau sub anak judul disusun sedemikian rupa dengan memperhatikan estetika penulisan;
8.   Sampul Laporan PRAKERIN menggunakan kertas buffalo atau sejenisnya dijilid tebal dan dilapisi plastik (hard cover) dengan warna tinta hitam;
9.      Sampul Laporan PRAKERIN berwarna hijau untuk Siswa jurusan TKJ, dan kuning untuk jurusan TBSM;
10. Penomoran halaman dimulai dari Bab I sampai akhir Bab Laporan PRAKERIN menggunakan angka (1, 2, 3, 5, 6 dst.) diletakkan di tengah bagian bawah;
11. Sub judul ditulis dari tepi kiri, awal kata menggunakan huruf kapital kecuali kata penghubung/sambung, demikian juga anak sub judul atau sub anak judul disusun sedemikian rupa dengan memperhatikan estetika penulisan, sedangkan pada halaman judul (kecuali sampul) sampai halaman daftar isi menggunakan huruf Romawi kecil (seperti i, ii, iii, iv, v, dst.) yang diletakkan di tengah bagian bawah;
12.  Penomoran tabel atau gambar diberi nomor urut dengan angka (Tabel 1., Tabel 2., dst.);

Untuk pembuatan Laporan Prakerin lebih lengkap bisa di lihat di Buku Panduan Prakerin yang telah diberikan oleh Pembimbingan Lapangan atau Panitia Prakerin.

Dan kerangka Laporan Prakerin dapat di download di link berikut Contoh Laporan Prakerin